SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI PIMPINAN CABANG IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA KABUPATEN ASAHAN SUMATERA UTARA

Minggu, 06 November 2011

Sambut Hari Pahlawan, Veteran Kelilingi Lapangan Bawa Bambu Runcing

 (foto: irvan nasution)








KISARAN-Belasan veteran perang yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Asahan mengelilingi lapangan Parasamya Kisaran sembari membawa bambu runcing, Sabtu (5/11) pagi. Itu dilakukan mereka untuk menyambut Hari Pahlawan.

Ketua Dewan Harian Daerah LVRI Kabupaten Asahan BT Pasaribu kepada METRO mengatakan, atraksi tersebut untuk mengenang peristiwa yang dialami pada masa lalu saat melakukan perlawanan kepada penjajah dengan bambu runcing.
Diutarakannya perlengkapan dan persenjataan ketika perang tersebut sangat terbatas. Sehigga bangsa Indonesia terpaksa membuat bambu runcing dalam perang gerilya.
Diungkapkannya waktu zaman penjajahan memang sejumlah pejuang ada yang memiliki senjata api. Namun itu sangat terbatas.
“Tidak semua pejuang memiliki senjata api. Para pejuang termasuk rekan-rekan yang merupakan veteran perang ini kebanyakan memakai senjata bambu runcing saat berperang waktu itu,” ungkapnya sembari menunjuk rekan-rekannya yang sedang memegang bambu runcingnya.
Lebih lanjut dikatakan Pasaribu, selain atraksi berlari mengelilingi lapangan Parasamya satu putaran, para veteran juga mengacung-acungkan bambu runcing mereka ke udara.
“Ya itu tadi, ini tak lain untuk mengenang masa lalu. Selain itu untuk menyambut Hari Pahlawan yang sebentar lagi akan diperingati pada 10 Nopember,” pungkasnya. (van)(Sumber : Metro Asahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman Kantor Kejari Dihotmix, Dinas PU Asahan Dituding Beri Gratifikasi ke Kejari