SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI PIMPINAN CABANG IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA KABUPATEN ASAHAN SUMATERA UTARA

Minggu, 27 Februari 2011

RP 1,85 MILYAR PROYEK APBD UNTUK BUPATI ASAHAN

Protes warga terhadap kebijakan pembangunan di Asahan semakin melebar. Pasalnya, selain ingin merenovasi ruang kerja Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang dengan anggaran Rp. 1 Milyar, Pemkab juga merencanakan tiga paket proyek APBD 2011 terkait fasilitas pejabat nomor satu di Asahan itu.

Berdasarkan Platform Prioritas APBD Asahan 2011, Pemkab Asahan telah menganggarkan tiga mata anggaran untuk belanja langsung kepentingan fasilitas kepala daerah. Total anggaran untuk ketiga proyek ini mencapai Rp. 850 juta. Ketiga mata anggaran ini terdiri dari proyek renovasi rumah dengan anggaran Rp. 450 juta, dan renovasi pendopo rumah dinas bupati dengan anggaran 250 juta, serta proyek perbaikan badan jalan dalam kompleks rumah dinas bupati dengan pagu anggaran Rp 150 juta.

Jika ditambahkan dengan proyek renovasi rumah dinas, maka total anggaran yang disedot untuk kepentingan fasilitas bupati Asahan sedikitnya mencapai Rp. 1,85 Milyar.

“ Terus terang sebagai warga kami keberatan. Sebab, tidak wajar hanya untuk kepentingan fasilitas bupati, anggaran daerah yang tersedot mencapai Rp. 1,85 Milyar. Masalahnya, kondisi bangunan masih dalam keadaan bagus, dan masih banyak infrastruktur rakyat yang harus dibenahi pemerintah daerah saat ini, “, ujar coordinator Lingkar Studi-Aksi untuk Demokrasi Indonesia (LS-ADI) Asahan Aditia Prahmana kemain.

Dia menilai proyek-proyek pembangunan yang diarahkan untuk kepentingan fasilitas kepala daerah tersebut tidak wajar dilaksanakan saat ini. Selain bersinggungan dengan kondisi perekonomian masyarakat yang sedang kesulitan untuk membeli beras akibat kenaikan harga yang terus terjadi, proyek renovasi tersebut juga dinilai belum dibutuhkan, karena kondisi kompleks rumah dinas dan ruang kerja itu masih sangat baik.

Dia memandang kebijakan Pemkab Asahan yang menganggarkan  Rp. 1,85 Milyar untuk kompleks rumah dinas dan ruang kerja itu tidak mencerminkan kebijakan efisiensi anggaran. Apalagi peraturan dan perundang-undangan telah mengingatkan agar pemerintah daerah untuk melakukan penghematan anggaran.

Aditia mengaku kecewa dengan kondisi ini. Terlebih Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang berulang-ulang membeberkan anggaran daerah yang mengalami defisit sehingga efisiensi harus dilakukan. “ Saya menilai kebijakan Bupati Asahan ini sangat kontradiktif dengan pernyataannya sendiri.”, protesnya.

Kadis PU Bungkam
Sementara itu Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Asahan M. Yusuf Marpaung menyatakan proyek renovasi ruang kerja Bupati Asahan dan fasilitas rumah Dinas Bupati Asahan mendapat pagu anggaran Rp. 1,85 Milyar tersebut masih wajar, mengingat proyek-proyek tersebut bukan untuk kepentingan pribadi bupatiu.
Menurut anggota DPRD Asahan dari Fraksi PPP ini, renovasi ruang kerja Bupati Asahan merupakan bagian dari perbaikan sarana dan prasarana fasilitas pemerintah daerah. “Kalau menurut saya tidak masalah itu.” Ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Asahan Taswir enggan menjawab pertanyaan seputar masalah ini. Dia memilih bungkam meskipun telah berulangkali dikirimi pertanyaan tertulis. Akhirnya lewat pesan singkat (SMS), pejabat ini hanya menjawab bahwa dia sedang berada di Jakarta mengikuti diklat bersama seluruh pejabat Eselon II Pemkab Asahan. “Pulang dari Jakarta nanti baru saya akan cek dulu ya semua persoalannya,”. tulisnya

Edy Gunawan Hasby

· · Bagikan
    • Halim Saragi
      Kantor ! Pendopo ! Jalan komplek rumah dinas ya ??
      di Air joman dari mulai merdeka sampai sekarang jalan nya blum dibangun..! Sepakat dgn protes bung aditia.
      kalau anggaran tersebt di alokasikan ke daerah yang sama sx blum pernah dibangun inf...rastruktur jalan.semestinya itu yg diprioritaskan ! Tak ada alasan untk memperbaiki jalan kmplk RUMDIS . Menurut pantauan.jalan trsbt mash bagus se x . Dibndingkan jalan2 yg ada di pedesaan yg terkadang membuat bocor ban. Padahal jalan pedesaan kalau bagus,itu juga solusi percepatan perekonmian pedesaan.mengingat warga pdesaan hampir 60 persen bermata pencrian pedagan.atau penggalas.Lihat Selengkapnya
      18 jam yang lalu · · 1 orangMemuat...
    • Effendi Rambe lebih baik dan akan lebih bermanfaat jika 1,85M itu digunkn tuk perbaikn jlan di kota kisaran__
      18 jam yang lalu ·
    • Aditia Prahmana
      ‎@Bung Bram : intinya lebih bermanfaat buat infrastruktur daerah yg membutuhkan. dan bila dalokasikan untuk perkembangan kota sudah mantap kalilah jalan kita tu bro :)
      @Bung Halim : Jalan kelubuk palas buat sakit pinggang bah katuo. Kesenjan...gan pembangunan ini sangat berdampak mobilitas rakyat. Berhentilah sejenak dari memikirkan fasilitas pribadi sementara fasilitas rakyat yg memilihnya masih kupak kapik. Btw.. posisi dikisaran jdi kita kumpul?Lihat Selengkapnya
      18 jam yang lalu ·
    • Savethe Hidayat Utk melihat watak manusia yg sebenarnya, maka berilah dia kekuasaan..? Asahanku sayang..asahanku malang...keluar dari mulut singa kenyang..masuk kemulut BUAYA LAPAR...?
      18 jam yang lalu · · 1 orangMemuat...
    • Halim Saragi efendi @ tidak adil juga.! Pedesaan yg harus di prioritaskan,mengingat pemerintah cendrung melakukan pembngunan didaerah perkotaan semata. Itu akibtnya rakyat pedesaan bnyk yg menggl pedesaan menuju ibu kota..! Bisa disebt diskriminasi pembngunan..!
      17 jam yang lalu · · 1 orangMemuat...
    • Halim Saragi efendi @ tidak adil juga.! Pedesaan yg harus di prioritaskan,mengingat pemerintah cendrung melakukan pembngunan didaerah perkotaan semata. Itu akibtnya rakyat pedesaan bnyk yg menggl pedesaan menuju ibu kota..! Bisa disebt diskriminasi pembngunan..!
      17 jam yang lalu · · 1 orangMemuat...
    • Effendi Rambe adit : yup_tpi begitulh nasib rakyat jelata__teriakan sekuat apapun mereka seolah tak mendengr__semoga Allah membukakan hati mereka_dan kembali ke amanah yg sebenar-a_yaitu bekerja tuk rakyat-a/masyarakat yg memberi mereka makan__
      17 jam yang lalu ·
    • Effendi Rambe halim : yup__itu hnya sebagai contoh sob__dripada tuk pembngunn kantor yg nyata-a masih layak dan baik tuk digunakan__hehe
      17 jam yang lalu · · 1 orangMemuat...
    • Halim Saragi tadi sudah kontak si husni.besok pagi dia pulang katanya.! Besok jam 10 kt kumpul seblum ke dpr. Di chongbi sajo.
      posisi mash di mandoge.
      17 jam yang lalu ·
    • Aditia Prahmana
      ‎@Bung Save : Begitu mudahnya manusia menjadi korup . (Machivelli ; Diskursus)
      @Halim : Oleh karena itu seharusnya bupati memiliki skema prioritas pembangunan yg jelas serta berpedoman kepada tata ruang Kabupaten maupun tata ruang kota sehin...gga diskriminasi pembangunan tidak lagi terjadi. Tapi iyalah yg penting istana raja dulu yg diservis. hiks..hiks..hiks :(Lihat Selengkapnya
      17 jam yang lalu ·
    • Halim Saragi Kalau pembngunan jalan rumdis itu ..? DPRD terima Upeti juga ya?
      17 jam yang lalu ·
    • Aditia Prahmana ‎@Halim : Wallahu a'lam :)
      17 jam yang lalu ·
    • Effendi Rambe halim _ mgkin terima juga tu--haha mgkin tidak--hehe
      17 jam yang lalu ·
    • Aditia Prahmana ‎@Bram : terima atau tidak terima faktanya DPRD loloskan pembangunan rumdis tersebut bro.
      17 jam yang lalu · · 1 orangMemuat...
    • Effendi Rambe biasa la tu_tuk kepentingn mereka_apa sih yg gk bisa--haha
      17 jam yang lalu ·
    • Halim Saragi Berawal dari investgasi, tulisan ,komentar,dilanjutkan dgn pergerakan..! Jalan trakhir untk perubahan ..! Agendakan perlawanan ketua....! Apa lg....?
      17 jam yang lalu · · 2 orangMemuat...
    • Halim Saragi Berawal dari investgasi,bedah apbd, tulisan ,komentar,dilanjutkan dgn pergerakan..! Jalan trakhir untk perubahan ..! Agendakan perlawanan ketua....! Apa lg....?
      17 jam yang lalu · · 1 orangMemuat...
    • Aditia Prahmana ‎@Halim : Ni lagi menysusun konsepsi perlawanan yg sip. tunggu aja telp rapatnya oce :)
      17 jam yang lalu · · 1 orangMemuat...
    • Gemas Asahan aaalllllaaammmmaaakkkkkkkk
      muantab buangat....
      17 jam yang lalu · · 1 orangMemuat...
    • Effendi Rambe ALLAHU AKBAR !!!
      17 jam yang lalu ·
    • Aditia Prahmana ‎"FACEBOOKER BERSATU TAK BISA DIKALAHKAN"
      17 jam yang lalu · · 2 orangMemuat...
    • Halim Saragi SAMI'ALLAH HULIMAN HAMIDAH.

      rabbanalakal hamd..
      17 jam yang lalu ·
    • Gemas Asahan Alhamdulillah.......
      17 jam yang lalu ·
    • Halim Saragi Shodaqallahuladzhim...
      17 jam yang lalu ·
    • Aditia Prahmana Kita tutup aja ya : Assalamu'alaikum... kekanan n kekiri
      17 jam yang lalu ·
    • Savethe Hidayat Jika negerimu dikuasai oleh para bedebah, jangan buru buru lapor pada Tuhan..karena Tuhan tidak akan pernah merobah nasib satu kaum, sebelum kaum itu sendiri yg merobahnya..
      17 jam yang lalu · · 2 orangMemuat...
    • Perdana Ben's Apabila usul di tolak tanpa di timbang, suara di bungkam, krtik di larang tanpa alasan,
      dituduh subsversif & mengganggu keamanan,maka hanya ada satu kata Lawan !!!
      ( kutipan puisi : wiji thukul )
      16 jam yang lalu · · 1 orangMemuat...
    • Hidayat Taufiq
      Saya tdk setuju dgn pendapat diatass... Ayoooo kita dukung seluruh kebijakan bupati asahan baik yg pro maupun yg tdk pro rakyat....... Yg penting kita dukung..... Klu gak mau dukung, maka hanya ada 3 kataaa....!!!!!!
      BUNUH DIRI SAJA........!...!!!!!!Lihat Selengkapnya
      16 jam yang lalu ·
    • Adek Iskandar Astono kenapa ya?.............
      16 jam yang lalu ·
    • Hendri Nkah Suatu nilai yang wajar kalau dilihat dari nilai inflasi sekarang Dit...
      15 jam yang lalu ·
    • Hendri Nkah Itupun termasuk nilai yang sedang... Memang harga material sekarang berapa ? Coba kita telaah dulu dan analysis pasar dulu... Tahukah anda material sekarang sudaha upgrade ke 20%...? Jangan kita lihat dari nilai pagu...
      15 jam yang lalu ·
    • Hendri Nkah Memang kalaulah diperuntukkan untuk masyarakat... Coba anda buat contoh programnya ?
      15 jam yang lalu ·
    • Hendri Nkah Memang kalaulah diperuntukkan untuk masyarakat... Coba anda buat contoh programnya ?
      15 jam yang lalu ·
    • Erwin Laskiki gileng trus bg,,,,,,,!!!!! bpk_yg byar??? he..e..he... hdp maha siswa........."?
      6 jam yang lalu ·
    • Bem Simpaka ‎@Adit: saya bilang juga apa?? hi hi hi hi hi hi hi hi....
      3 jam yang lalu ·
    • Bedah Apbd Asahan Sepakat dengan aditia. Teruslah kritis dengan niat ikhlas. Sampaikan info ini seluas-luasnya kepada masyarakat agar mereka lebih cerdas.
      sekitar sejam yang lalu ·
    • Dhanny 'Chappy' Monroe kromosom masuk ehehehehee
      sekitar sejam yang lalu ·
    • Pinggiran Rel
      ADA APA INI? KALAU BENAR KATAKAN BENAR KALAU ISU KATAKAN ISSU KALO TAK BENAR KATAKAN TAK BENAR.
      KALAU ANGGARAN SESUAI DENGAN KEBUTUHAN PROYEK YA TIDAK ADA PERMASALAHAN.
      PERSOALAN REHAB ADALAH PERSETUJUAN PIHAK2 DPRD DAN PENGKAP SEHINGGA KESAL...AHAN JGN DICURAHKAN KEPADA SESEORANG!Lihat Selengkapnya
      55 menit yang lalu ·

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman Kantor Kejari Dihotmix, Dinas PU Asahan Dituding Beri Gratifikasi ke Kejari