SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI PIMPINAN CABANG IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA KABUPATEN ASAHAN SUMATERA UTARA

Kamis, 11 Agustus 2011

Ramadan, Siswa Diajar Baca Alquran

KISARAN- Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selama bulan ramadan di SD/SMP/SMA Sedrajat di Asahan diutamakan untuk melakukan pembinaan mental dan spritual dengan memperbanyak membaca Alquran. Sebab hal itu sangat tepat diterapkan bagi siswa.
Kegiatan belajar mengajar di tingkat SD justru diperbanyak pelajaran yang berkaitan dengan agama. Misalnya, di SDN 010095 Jalan Ahmad Yani Kisaran, murid di sana diberi pelajaran membaca Alquran dengan baik. Menurut salah seorang murid SDN tersebut, Wahyu Aulia mereka diberi pelajaran membaca Alquran setiap harinya.
Dalam pembacaan Alquran tersebut diperkenalkan ilmu tajwid (panjang pendek bacaan Alquran), makhroj (cara keluar huruf dari kerongkongan) dan ghonni (lagu baca Alquran). Selain baca Alquran juga dilakukan praktek salat dengan tujuan agar murid-murid tersebut bisa melaksanakan salat dengan baik.
Disebutkan Wahyu yang bertempat tinggal di Jalan Waja Kisaran ini, selain kelas V juga dari kelas I hingga kelas VI diperbanyak pelajaran agama selama bulan Ramadan.
Amatan METRO di beberapa SD/SMP/SMA sedrajat di Asahan para siswa di sana tampak tekun belajar membaca Alquran.
Muhamad Alif pelajar lainnya yang duduk dibangku kelas VI di salah satu SD di Kisaran mengatakan, pelajaran yang diperbanyak selama ramadan adalah pelajaran agama. Hal itu sesuai yang disampaikan gurunya yang bertugas di SDN tersebut.
Sementara Muhammad Akla siswa kelas I SMPN I di Kecamatan Tinggi Raja menyebutkan, pelajaran yang diperoleh selama ramadan lebih banyak berkaitan dengan agama. Misalnya, ceramah mengenai keutamaan bulan ramadan.
Sedang di SMA juga diperbanyak pelajaran yang berkaitan dengan ilmu agama maupun ilmu budi pekerti. Hal itu diutarakan Alfiyah, salah seorang siswa SMA di Kisaran. Diutarakannya, pelajaran yang diterima adalah menghafal ayat-ayat Alquran dan lainnya.
Terpisah Kadisdik Asahan Drs H Zainal Arifin Sinaga MH mengatakan, pelajaran bagi pelajar di tingkat SD/SMP/SMA sedrajat lebih difokuskan kepada pembinaan mental spritual. Sebab sangat tepat hal itu dilakukan saat KBM pada bulan ramadan ini. (van/syaf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman Kantor Kejari Dihotmix, Dinas PU Asahan Dituding Beri Gratifikasi ke Kejari