SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI PIMPINAN CABANG IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA KABUPATEN ASAHAN SUMATERA UTARA

Jumat, 11 November 2011

Sambut Hari Pahlawan, KNPI Napak Tilas 50 Km

KISARAN-Menyambut Hari Pahlawan 10 November, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Asahan menggelar napak tilas sejauh sekitar 50 kilometer. Acara dilepas Wakil Bupati H Surya, Rabu (9/11) dari halaman kantor Bupati Asahan.
(foto: irvan nasution)
Wakil Bupati H Surya didampingi Ketua KNPI Asahan Rahmat Hidayat melepas napak tilas yang digelar KNPI untuk menyambut Hari Pahlawan, Rabu (9/11).
Menurut Ketua KNPI Asahan Rahmat Hidayat Siregar, kegiatan napak tilas KNPI ke-25 ini diikuti 49 peserta berasal dari OKP, mahasiswa, pelajar dan pasukan penghormatan. Rute jalan kaki yang ditempuh mulai dari kantor bupati menuju Sidumulyo, Suka Damai, Lolotan, Pulau Bandring, dan istrihat di Kampung Bunga. Setelah itu peserta kembali bergerak menuju lapangan Parasamya.
Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Surya mengatakan, Pemkab merasa bangga kepada para pemuda peserta napak tilas yang telah bersedia mengerahkan segenap tenaga dan mengorbankan waktu untuk menapak tilas jejak jejak para pahlawan. Ini adalah salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan pendahulunya.
“Sebagai bangsa yang berbudi luhur, kita harus selalu dapat menghargai jasa pahlawan. Sebab ada sebuah ungkapan yang menyatakan, hanya bangsa yang selalu menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar,” ujar Surya saat membacakan pidato.
Diutarakannya, semangat dan nilai kepahlawanan yang ditunjukkan oleh para pahlawan hendaknya dapat dipetik hikmahnya dan dapat menjadi inspirasi untuk mengatasi berbagai masalah bangsa. Seperti masalah kemiskinan, pengangguran, kesehatan, pendidikan, narkoba maupun konflik antara masyarakat.
Disebutkan Surya, napak tilas juga memiliki makna yang tinggi dalam meningkatkan kesadaran para pemuda untuk saling bahu membahu memberikan sumbangan tenaga dan pemikiran demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
“Saya berharap kegiatan ini benar-benar dapat membangkitkan semangat kita untuk bersatu padu mengisi kemerdekaan. Berupaya sekuat tenaga berpartisipasi menyumbangkan segala pemikiran, tenaga maupun harta atas segala permasalahan yang menimpa bagsa demi memperkokoh NKRI yang kita cintai,” harapnya.
Di akhir sambutannya, Surya mengajak masyarakat untuk membagun negeri dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan.
“Apabila semangat dan nilai kepahlawanan dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka kita akan dapat mengatasi berbagai permasalahan serta dapat mewujudkan Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri,” pungkasnya. (van)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman Kantor Kejari Dihotmix, Dinas PU Asahan Dituding Beri Gratifikasi ke Kejari