SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI PIMPINAN CABANG IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA KABUPATEN ASAHAN SUMATERA UTARA

Jumat, 11 November 2011

Jalan Tinggi Raja, 2 Bulan Dihotmix Terkelupas Lagi

Kamis, 10 November 2011
KISARAN-Poyek peningkatan ruas jalan umum Dusun V Kampung Jati Sari, Desa Tinggi Raja, Kecamatan Tinggi Raja, Asahan dinilai warga tidak berkualitas. Pasalnya, baru dua bulan dihotmix, di beberapa titik badan jalan tersebut saat ini mulai terkelupas. Diduga pengaspalan jalan tidak dilakukan sesuai bestek.
Adapun peningkatan ruas jalan sepanjang 1.600 meter tersebut berbiaya Rp759.507.000 bersumber dari Bantuan Daerah Bawahan (BDB) Kabupaten Asahan Tahun 2011 dan dikerjakan CV Bathara Indonesia.
Menurut R Manurung, warga Tinggi Raja kepada METRO, Rabu (9/11) mengatakan, pengerjaan hotmix itu disinyalir asal jadi karena tampak sangat tipis dan di beberapa titik sudah menggelembung. Bukan hanya itu, katanya, pihak Dinas PU Asahan telah melakukan peninjauan baru-baru ini dan telah mengorek beberapa titik yang dianggap sudah mulai terkelupas.
Dikatakannya, informasi yang diterima, jalan umum yang merupakan urat nadi perekonomian masyarakat di sejumlah desa di Kecamatan Tinggi Raja itu masih dalam perawatan. Namun, hal itu bisa jadi dalih bagi kontraktor bahwa pekerjaannya masih bisa diperbaiki.
”Tapi menurut saya kalau sudah pada masa perawatan sudah rusak, ini menunjukkan tidak berkualitas sebuah proyek. Mengingat waktu selesai proyek dengan masa perawatan sangat dekat. Artinya proyek jalan yang umur pengerjaannya masih sebentar saja sudah rusak, tentu ini sangat memprihatinkan. Dan itu sudah pasti tak berkualitas proyek tersebut,” ungkapnya.
H Sitorus dan R Manurung, warga yang sama meminta Dinas PU untuk memerintahkan kontraktor agar kembali memperbaiki jalan tersebut dan meningkatkan kualitasnya.
“Bila perlu, jika kontraktor dalam pekerjaan proyek tidak berkualitas, agar di-black list perusahaannya dan jangan diberi pekerjaan proyek pada masa berikutnya,” ujarnya.
“Kami juga dari masyarakat akan berdelegasi ke DPRD Asahan untuk menyampaikan masalah ini. Selain itu juga akan mendatangi rumah dinas Bupati Asahan saat coffee morning digelar untuk menyampaikan kondisi proyek hotmix itu,” tambahnya.
Kadis PU Asahan Taswir melalui Sekretarisnya Rustam yang diminta tanggapannya soal proyek itu, kemarin (9/11) mengatakan, pihaknya telah melakukan peninjauan terkait jalan tersebut. “Saat ini kita sedang membahas masalah proyek itu,” katanya singkat. (van)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman Kantor Kejari Dihotmix, Dinas PU Asahan Dituding Beri Gratifikasi ke Kejari